Maulid Nabi Muhammad SAW (3): Gallery Peringatan Maulid di berbagai Negara

in Budaya Islam

Last updated on October 20th, 2017 03:43 pm

Sebagaimana dibahas pada artikel sebelumnya, peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW pada hari ini hampir diselenggarakan oleh seluruh negara di dunia. Pada artikel kali ini pembaca akan diajak untuk melihat photo-photo penyelenggaraan Maulid dari berbagai negara. Berikut ini adalah photo-photonya:

 1. Yaman

Muslim Yaman berkumpul di al-Sabin Square dalam rangka Maulid. (Mohammed Hamoud – Anadolu Agency)

Beberapa penduduk Yaman juga mengecat wajahnya dalam peringatan Maulid. (Mohammed Hamoud – Anadolu Agency)

2. Irak

Penduduk kota Irbil di Irak memperingati Maulid Nabi di pusat kota. (Hemin Hüseyin – Anadolu Agency)

3. Tunisia

Muslim Tunisa di kota Kairouan dalam perjalanan menuju Masjid Besar Uqba dalam rangka peringatan Maulid Nabi. (Amine Landoulsi – Anadolu Agency)
Rached Ghannouchi, pemimpin partai Ennahda menghadiri Maulid Nabi di Tunisia. (Amine Landoulsi – Anadolu Agency)
Presiden Tunisia Beji Caid Essebsi (kanan) and Perdana Menteri Tunisia Youssef Chahed (kiri). (Amine Landoulsi/Anadolu Agency)

4. Lebanon

Kelompok Sufi dari kota Sidon, Lebanon, memperingati Maulid Nabi dengan berbagai ekspresi, diantaranya melalui musik dan tarian-tarian. (Ratib Al Safadi – Anadolu Agency)

5. Mesir

Peringatan Maulid Nabi di halaman Masjid Imam Hussein, Kairo.
Kegiatan membaca Al-quran adalah hal yang banyak ditemui di Mesir ketika peringatan Maulid Nabi
Ziarah ke makam Imam Hussein. Penduduk setempat meyakini bahwa kepala Imam Hussein dikuburkan di sini, di Masjid Imam Hussein, Kairo.
Sedekah makanan dan perlengkapan tidur bagi penduduk miskin Kairo

6. Turki

Umat Muslim Turki memperingati Maulid di Masjid Kocatepe, Ankara.
Para wanita berdoa di bagian atas Masjid
Tarian Darwish di pemondokan Darwish Karabas Veli, kota Bursa, Turki

7. Indonesia

Khusus untuk Indonesia, dengan banyaknya suku dan keragaman budaya di Indonesia, peringatan Maulid Nabi diselenggarakan dengan banyak cara. Di bawah ini adalah peringatan Maulid Nabi, atau Muludan dalam bahasa Indonesia, yang unik di beberapa daerah di Indonesia.

Tradisi Muludhen di Madura, Jawa Timur. Masyarakat membawa tumpeng dan berbagai macam makanan lainnya. Setelah pembacaan riwayat hidup Nabi selesai, makanan tersebut dibagikan dan dimakan bersama-sama.
Tradisi Bungo Lado (berarti bunga cabai) adalah tradisi yang dimiliki warga Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Bungo lado merupakan pohon hias berdaunkan uang yang biasa juga disebut dengan pohon uang. Uang kertas dari berbagai macam nominal itu ditempel pada ranting-ranting pohon yang dipercantik dengan kertas hias. Uang yang terkumpul biasanya mencapai puluhan juta rupiah dan disumbangkan untuk pembangunan rumah ibadah.
Di Kabupaten Garut, Jawa Barat, terdapat upacara Ngalungsur, yaitu proses upacara ritual di mana barang-barang pusaka peninggalan Sunan Rohmat (Sunan Godog/Kian Santang) setiap setahun sekali dibersihkan atau dicuci dengan air bunga-bunga dan digosok dengan minyak wangi supaya tidak berkarat yang difokuskan di Kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan.
Warga di Loram Kulon, Jati, Kudus, Jawa Tengah, juga memiliki tradisi tersendiri. Mereka melakukan kirab Ampyang di depan Masjid Wali. Pada awalnya kegiatan ini merupakan media penyiaran agama Islam di wilayah tersebut. Tradisi itu dilakukan oleh Ratu Kalinyamat dan suaminya Sultan Hadirin. Tradisinya dengan menyajikan makanan yang dihiasi dengan ampyang atau nasi dan krupuk yang diarak keliling Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kudus, sebelum menuju ke Masjid Wali At Taqwa di desa setempat.
Pada zaman kesultanan Mataram, perayaan Maulid Nabi disebut Grebeg Mulud. Kata ‘gerebeg’ artinya mengikuti, yaitu mengikuti sultan dan para pembesar keluar dari keraton menuju masjid untuk mengikuti perayaan Maulid Nabi, lengkap dengan sarana upacara, seperti nasi gunungan dan sebagainya. Puncak peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW diperingati dengan penyelenggaraan upacara Grebeg Maulud.

Demikianlah sedikit gambaran mengenai semaraknya penyelenggaraan Maulid Nabi di berbagai belahan dunia. Masih banyak lagi ragam kegiatan penyelenggaraan Maulid Nabi di berbagai belahan dunia lainnya. Dengan segala macam keunikan dan kekhasan masing-masing, sebenarnya masih ada satu kesamaan rasa di antara mereka semua, yaitu ungkapan rasa cinta terhadap Nabi besar Muhammad SAW. (PH)

Selesai……

Sebelumnya:

Maulid Nabi Muhammad SAW (2): Sejarah Permulaan

Sumber:

https://www.middleeastmonitor.com/20161212-spectacular-images-of-people-celebrating-mawlid-al-nabi-the-birth-anniversary-of-prophet-mohammad/#jp-carousel-204488, diakses 6 September 2017

http://www.middleeasteye.net/news/mawlid-al-nabi-celebrations-across-middle-east-1182362142, diakses 6 September 2017

https://www.trtworld.com/life/how-9-countries-around-the-world-celebrate-prophet-muhammad-s-birthday-4083, diakses 6 September 2017

http://news.liputan6.com/read/2396356/8-tradisi-unik-perayaan-maulid-nabi-di-nusantara

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*