Islam adalah agama yang membentang luas hingga ke pelosok-pelosok dunia. Lebih dari satu milyar manusia menjadi pengikutnya. Mereka datang dari latar belakang yang berbeda-beda, berbicara dalam bahasa beraneka, lahir dari suku-suku tak terhingga, tumbuh dalam karsa dan budaya yang gegap-gempita serta memanggungkan kerja dan wiracarita yang kaya raya dalam pentas sejarah umat manusia.

Gana Islamika menggamit Anda untuk membuka jendela dan melihat panorama berabad-abad peradaban Islam yang sarat drama dan suka cita, prahara dan romantika, dengan pembobotan pada warisan makrifat, hikayat, hikmat, dan rahmat bagi sekalian alam semesta. Tiap artikelnya tidak berpresetensi menjadi paripurna, tapi berusaha untuk menampilkan mozaik apa adanya, secara bertanggungjawab dan terbuka.

Kandungan situs web ini ditujukan untuk memperluas pengetahuan dan pemahaman tentang peradaban Islam, dengan tujuan untuk mendorong dialog dan dialektika, di antara sesama manusia yang ingin terus belajar dan meneliti. Artikel-artikel Gana ditulis dan disusun dengan mematuhi kaidah-kaidah ilmiah, merujuk pada teks-teks yang kredibel, dari berbagai referensi dalam bermacam-macam bahasa.

Selamat membaca, memperkaya diri dan membuka cakrawala. Semoga Gana dapat menjadi teman Anda mengisi kehidupan dengan lebih cerdas, cermat, kritis, berwawasan luas, dan berpikiran terbuka.

Tim Redaksi GANA