Mozaik Peradaban Islam

Penyembuhan dengan Alquran (5): Bab 1 (5): Keistimewaan dan Khasiat Surah-Surah Alquran dalam Menyembuhkan Berbagai Penyakit

in Pustaka

Last updated on April 22nd, 2020 01:37 pm

Keistimewaan surah Al-Insyirah:  Membacanya dapat meredakan sakit dada dan  jantung. Di samping itu, airnya dapat menghancurkan penyakit batu.

Foto: shutterstock/nuttakit

Keistimewaan surah Ar-Murshalat: Barangsiapa yang membacanya maka dia dapat mengalahkan  musuhnya. Di samping itu, surah ini  dapat  menghilangkan sakit bisul.

Keistimewaan surah An-Nabba’: Barangsiapa yang menulisnya di atas perkamen  rusa dengan  za’faron dan air mawar maka tidurnya akan sedikit dan  dia akan  bergadang.  Dan  jika diikatkan di atas  tangan  maka  yang bersangkutan  akan  merasakan kekuatan  yang  dahsyat,  sedangkan meminum airnya dapat menghilangkan penyakit perut.

Keistimewaan surah An-Nazi`at:  Barangsiapa  yang  membacanya  saat   berhadapan dengan  musuh atau penguasa maka dia akan selamat  dari  kejahatan mereka.

Keistimewaan surah `Abasa: Barangsiapa yang membawanya maka dia akan  mendapatkan kebaikan di perjalanannya dan akan terlindung dari kesulitan. Dan barangsiapa  yang  membacanya di tempat  penimbunan  barang  yang hilang maka Allah akan menunjukan kepadanya letak barang itu.

Keistimewaan surah Kuwwirat:  Membaca surah ini dapat memperkuat pandangan  mata dan menghilangkan penyakit mata atau kerabunan.

Keistimewaan surah Al-Infithar: Membacanya dapat membebaskan orang yang tertahan atau orang yang tertawan dan juga dapat menenteramkan orang  yang takut.

Keistimewaan surah Al-Muthaffifin: Jika dibaca di tempat penyimpanan barang maka barang tersebut akan terjaga.

Keistimewaan surah Al-Insyiqaq:  Memudahkan kelahiran jika diletakkan  di  tubuh wanita,  tetapi jika wanita telah melahirkan maka  segeralah  mencabutnya. Dan jika dibacakan di depan binatang maka binatang tersebut  akan terjaga. Dan jika ditulis di atas dinding  rumah  maka segala gangguan di rumah itu akan hilang.

Keistimewaan surah Al-Buruj:  Barangsiapa membacanya di tempat tidurnya maka  dia akan  terlindung  dari berbagai keburukan, dan  barangsiapa  yang membacanya  saat keluar dari rumah maka dia beserta  keluarga  dan hartanya akan selamat.

Keistimewaan surah Ath-Thariq: Barangsiapa membasuh luka dengan airnya maka luka tersebut akan mereda dan tidak mengeluarkan nanah. Dan barangsiapa  yang membacanya di atas minuman apa pun maka dia akan  terlindung dari muntah.

Keistimewaan surah Al-A’la: Hendaklah dibacakan di atas telinga yang berdengung, orang yang terkena wasir, atau badan yang bengkak.

Keistimewaan surah Al-Ghasiyah: Jika dibacakan di atas sesuatu yang dimakan maka dia  akan  selamat dari kesengsaraan. Dan  jika  dibacakan  kepada sesuatu yang dilahirkan maka Allah akan menyelamatkannya.

Keistimewaan surah Al-Fajr:  Barangsiapa  membacanya sebelas  kali  kemudian  dia menggauli  istrinya  maka dia akan mendapatkan  anak  yang  sangat menyenangkannya.

Keistimewaan surah Al-Balad: Jika diletakkan di atas tubuh anak kecil saat  baru melahirkan  maka dia akan selamat dari kekurangan (cacat).  Selain itu, bagi orang yang mengalami gangguan pada indera  penciumannya maka dia dapat menghirup airnya.

Keistimewaan surah As-Syamsu: Meminum airnya dapat menenangkan disentri.

Keistimewaan surah Al-Lail: Jika dibacakan di telinga orang yang pingsan maka dia akan sadar.

Keistimewaan surah Ad-Dhuha: Jika dibacakan pada sesuatu yang lupa maka dia  akan ingat.

Keistimewaan surah Al-Insyirah:  Membacanya dapat meredakan sakit dada dan  jantung. Di samping itu, airnya dapat menghancurkan penyakit batu.

Keistimewaan surah At-Thin:  Barangsiapa yang membacanya di depan  makanan  maka makanan tersebut akan menjadi obat.

Keistimewaan surah Al-Alaq: Barangsiapa membacanya di lautan maka dia akan  selamat dari gangguannya.

Keistimewaan surah Al-Qadar:  Barangsiapa yang membacanya di depan  barang  yang disimpannya  maka barang tersebut akan terjaga.  Dan  barangsiapa yang meminum airnya maka Allah akan menganugerahinya cahaya dalam pandangannya  dan keyakinan dalam hatinya serta hikmah. Dan  jika surah ini dibaca oleh orang yang sedih atau orang yang sakit atau orang  yang sedang bepergian atau orang yang sedang ditahan  maka mereka akan mendapatkan apa yang mereka inginkan. Dan jika  dibacakan di depan tanaman maka tanaman tersebut akan diberkati.

Keistimewaan surah Al-Bayyinah:  Jika wanita yang hamil meminum airnya  maka  dia akan mendapatkan keselamatan. Dan jika diikatkan pada orang  yang terkena penyakit kuning dan keputihan pada matanya setelah  sebelumnya mereka meminumnya maka mereka akan sembuh.

Keistimewaan surah Az-Zilzalah:  Orang yang membacanya akan aman  dari  gangguan penguasa.

Keistimewaan surah Al-`Adiyat: Membaca surah ini dapat menyelamatkan orang  yang takut, orang yang lapar, orang yang haus, dan orang yang hutang.

Keistimewaan surah Al-Qari`ah: Hendaklah diikatkan pada orang yang sedikit rezekinya.

Keistimewaan surah At-Takatsur:  Bermanfaat bagi orang yang terkena sakit  kepala jika dibacakan kepadanya.

Keistimewaan surah Al-`Ashr:  Jika dibacakan di depan barang yang disimpan  maka barang tersebut akan terjaga, dan barangsiapa yang menulisnya  di malam  Jumat setelah Isya lalu dia membawanya untuk menemui  penguasa maka dia akan selamat dari kejahatannya.

Keistimewaan surah Al-Humazah: Hendaklah dibacakan pada mata yang sakit.

Keistimewaan surah Al-Fil:  Barangsiapa yang membacanya saat peperangan maka  dia akan kuat dalam berperang, dan jika dibacakan di antara dua pasukan maka pasukan yang lalim akan kalah.

Keistimewaan surah Quraisy: Barangsiapa membacanya di depan makanan maka dia akan selamat  dari  bahayanya. Dan jika dibaca oleh orang  yang  lapar sebelum terbitnya matahari maka Allah akan memudahkan orang  yang memberinya makanan.

Keistimewaan surah Al-Ma`un:  Barangsiapa  yang membacanya  setelah  salat  Fajar sebanyak  seratus kali maka dia akan berada di bawah  perlindungan Allah SWT.

Keistimewaan surah Al-Kautsar:  Jika binatang terkena penyakit di perutnya  maka bacalah  surah ini di telinga kanannya tiga kali dan  di  telinga kirinya  tiga kali kemudian pukullah di bagian  pinggir  badannya dengan kakimu maka insya Allah dia akan berdiri (sembuh).

Keistimewaan surah Al-Kafirun:  Barangsiapa membacanya saat  terbitnya  matahari sebanyak sepuluh kali kemudian dia berdoa dengan doa apa saja yang diinginkannya maka doanya akan terkabul.

Keistimewaan surah Al-Nashr: Barangsiapa yang membacanya tujuh kali dalam  waktu salat  maka salatnya akan diterima dan Allah  akan  menjadikannya termasuk  orang-orang  yang  suka untuk  mengerjakan  salat  pada waktunya.

Keistimewaan surah Al-Lahb: Hendaklah dibacakan pada orang yang terkena berbagai penyakit,  terutama sakit perut (mulas) insya Allah dia akan  sembuh.

Keistimewaan surah Al-Ikhlas:  Dibacakan pada mata yang sakit insya  Allah  akan sembuh.

Keistimewaan surah Al-Falaq  dan An-Nas: Barangsiapa membaca dua surah ini  pada setiap malam maka dia akan selamat dari gangguan jin dan  waswas. Dan barangsiapa yang mengikatkannya di atas tubuh anak kecil maka dia akan selamat dari gangguan jin dan binatang. (MK)

Bersambung ke:

Sebelumnya:

2 Comments

  1. Great info! I recently came across your blog and have been reading along. I thought I would leave my first comment. I don’t know what to say except that I have enjoyed reading. Nice blog. I will keep visiting this blog very often

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*